Pengertian Kamera SLR


Kamera SLR (single-lens reflex) atau Kamera refleks lensa-tunggal‎ adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya. Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane.

Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai film.


Sumber: Wikipedia

8 Response to Pengertian Kamera SLR

  1. Ifta says:

    Makasih pak informasinya tapi saya masih agak2 bingung krn ini teoritis banget dan kayanya utk lanjut,,ditunggu artikelnya ttg perbedaan kamera DSLR ma digital biasa tapi yang simpel2 aja...misalnya kenapa pake DSLR kenapa pocket..kelebihan dan kekurangannya dan lain sebagainya...

  2. Vai says:

    Maaf out of topic. Mau tanya, kelebihan IXUS daripada PowerShot series punya Canon apa yah?
    Makasih

  3. @Ifta: saya sangat senang kalau artikel ini sangat membantu, untuk artikel perbedaan antara kamera DSLR dengan kamera pocket secepatnya akan saya buatkan.
    Untuk penjelasan secara sederhana, perbedaan antara kamera DSLR dengan kamera pocket adalah fasilitasnya, pada kamera DSLR kita bisa menggunakan program full manual, jadi hasilnya bisa kita tentukan semau kita, berbeda dengan kamera pocket yang memang sudah disediakan program-program tertentu (tergantung jenis kameranya) oleh perusahaan pembuatnya, sehingga kurang bisa kita ubah-ubah semau kita.
    Perbedaan yang sangat jelas adalah lensanya, pada kamera DSLR lensanya dapat kita ganti dengan jenis lensa lain yang kita kehendaki, sedangkan pada kamera Pocket lensa tidak dapat kita ganti-ganti.

    @Vai: Semua kamera mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kebutuhan kita, kelebihan apa yang kita butuhkan, misalnya: Mega Pixelnya yg tinggi, atau settingan ISo-nya yang bisa lebih tinggi dari 1600 (membantu apabila memotret dalam keadaan yang kurang cahaya) dll. Untuk lebih jelasnya semoga nanti bisa saya buatkan artikelnya tentang ini, terima kasih.

  4. @ Konoha : SLR kan tiap kamera ada sery type Sptr D90, D300, D5000 Dan sbagainya tu tiap seri berbedaan terletak pada apanya ya . . . . . .???????

  5. Fuji FinePix S1600
    APAKH SUDAH BAEK TUK PEMULA SPT AKU,, MHON JWBANYA..

  6. ali. dewa says:

    apa kalo kamera bagus itu berpengaruh pada hasil foto yang dihasil kan???
    kalo boleh tau kamera yang
    sering dipake fotografer itu kamera jenis apa?

  7. raka arya says:

    assalamualaikum :) cuma hanya hadir kunjungi blog saya mengenai kamera kamera .. biarpun hanya sedikit semoga bergunaa :) Terima kasih ...

    rakaarya69.wordpress.com

  8. Rajalistrik.com

Poskan Komentar